Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

AGM Fresh Mart Sidoarjo adalah Distributor, Importir, Wholesaler, dan Retailer Sayuran Botanical dari Bawang Merah, Bawang Putih, dan Bawang Bombay di Sidoarjo

Waktu yang Tepat Membeli Bawang Putih

Membeli Bawang Putih Segar dan Berkualitas: Perhatikan Waktunya!


Waktu yang Tepat Membeli Bawang Putih

Tak hanya menyedapkan masakan, bawang putih juga memiliki banyak khasiat kesehatan, seperti menurunkan kolesterol, meningkatkan daya tahan tubuh, dan mencegah kanker. Namun, tahukah Anda bahwa waktu pembelian bawang putih juga mempengaruhi kesegaran dan kualitasnya? Yuk, simak rahasia memilih waktu yang tepat untuk membeli bawang putih terbaik. Berikut ulasan AGM Fresh Mart selengkapnya!

1. Hindari Musim Hujan

Musim hujan bukanlah sahabat bawang putih. Kelembaban udara yang tinggi dapat membuat bawang putih mudah lembab, busuk, dan kehilangan aromanya. Idealnya, belilah bawang putih di musim panas atau kemarau, saat tanah dan udara kering sehingga bawang putih terhindar dari pembusukan.

Tips Menyimpan Bawang Putih Saat Musim Hujan

Musim hujan adalah musim yang paling tidak bersahabat bagi bawang putih. Kelembaban udara yang tinggi dapat menyebabkan bawang putih mudah lembab, busuk, dan kehilangan aromanya. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara menyimpan bawang putih yang tepat agar tahan lama, bahkan saat musim hujan.

Berikut adalah beberapa tips menyimpan bawang putih saat musim hujan:
  • Simpan bawang putih di tempat yang kering dan sejuk. Kelembaban adalah musuh utama bawang putih. Oleh karena itu, simpanlah bawang putih di tempat yang kering dan sejuk, seperti di rak dapur atau di lemari makanan.
  • Pisahkan siung bawang putih. Jika anda menyimpan bawang putih dalam bentuk umbi, pisahkan terlebih dahulu siung-siungnya. Hal ini akan membantu sirkulasi udara dan mencegah bawang putih menjadi lembab.
  • Simpan bawang putih dalam wadah yang berlubang. Wadah yang berlubang akan memungkinkan sirkulasi udara dan mencegah bawang putih menjadi lembab. Anda dapat menggunakan wadah plastik, kaleng, atau bahkan mangkuk.
  • Simpan bawang putih di kulkas. Jika anda tinggal di daerah dengan kelembaban udara yang sangat tinggi, anda dapat menyimpan bawang putih di kulkas. Namun, jangan simpan bawang putih di dalam kantong plastik, karena dapat menyebabkan bawang putih menjadi lembab.
  • Bekukan bawang putih. Jika anda ingin menyimpan bawang putih dalam jangka waktu yang lama, anda dapat membekukannya. Bawang putih yang dibekukan dapat bertahan hingga 1 tahun.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, anda bisa menyimpan bawang putih dengan baik dan tahan lama, bahkan saat musim hujan.

2. Perhatikan Masa Panen

Di Indonesia, sebagian besar bawang putih lokal dipanen antara bulan April hingga Juli. Jadi, waktu terbaik untuk membeli bawang putih segar hasil panen baru adalah sekitar bulan Juli hingga September. Setelah itu, stok bawang putih biasanya berkurang dan harganya cenderung naik.


3. Belilah Langsung dari Petani atau Agen Bawang Putih Terpercaya

Jika memungkinkan, cobalah membeli bawang putih langsung dari petani atau sgen bawang outih seperti AGM Fresh Mart. Dengan cara ini, anda bisa mendapatkan bawang putih segar yang baru dipanen dan belum lama disimpan. Petani juga biasanya lebih teliti dalam merawat dan menyimpan bawang putihnya.

4. Cek Pasar Tradisional Pagi Hari

Pasar tradisional sering kali menjadi tempat berburu bawang putih segar. Berkunjunglah di pagi hari, saat para pedagang baru saja menurunkan stok bawang putih dari petani. Kemungkinan besar anda akan mendapatkan bawang putih yang masih dalam kondisi baik dan belum layu.

5. Pilihlah Toko Sayuran Terpercaya

Jika tak sempat ke pasar tradisional, belilah bawang putih di toko sayuran yang bersih dan terpercaya. Pilih toko yang memiliki perputaran stok tinggi sehingga bawang putihnya tidak terlalu lama disimpan. Perhatikan juga kondisi penyimpanan bawang putih. Pastikan tempatnya kering, sejuk, dan tidak terkena sinar matahari langsung.

Tips Memilih Bawang Putih Segar
  • Pilih bawang putih dengan siung yang keras dan padat, tidak lembek atau berkerut.
  • Kulit bawang putih harus kering dan utuh, tidak ada bintik-bintik hitam atau berjamur.
  • Aroma bawang putih segar cukup kuat. Hindari yang tidak berbau atau berbau apek.
  • Akar bawang putih tidak terlalu panjang dan mudah dicabut.

Penutup

Dengan sedikit trik dan pengetahuan tentang waktu yang tepat, anda bisa mendapatkan bawang putih segar dan berkualitas. Bawang putih segar tak hanya memperkaya rasa masakan, tapi juga memberikan manfaat kesehatan optimal. 

Jika anda mencari kebutuhan bumbu dapur dan sayur berkualitas, kunjungi Shopee AGM Fresh Mart yang menjual berbagai macam bawang putih, kebutuhan sayur maupun bumbu dapur. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel AGM Fresh Mart berikutnya!

Posting Komentar untuk "Waktu yang Tepat Membeli Bawang Putih"