Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

AGM Fresh Mart Sidoarjo adalah Distributor, Importir, Wholesaler, dan Retailer Sayuran Botanical dari Bawang Merah, Bawang Putih, dan Bawang Bombay di Sidoarjo

Perbedaan Bawang Bombay Merah, Kuning, dan Putih

Apa Saja Perbedaan Bawang Bombay Merah, Kuning, dan Putih? Temukan Jawabannya Disini!



Bawang bombay tak hanya menjadi bumbu pelengkap masakan, tetapi juga kaya manfaat. Nama Latin bawang bombay adalah Allium cepa. Ini adalah spesies tanaman berbunga dalam keluarga bawang putih, Amaryllidaceae. Bawang bombay adalah sayuran yang populer di banyak masakan di seluruh dunia. Mereka dapat dimakan mentah, dimasak, atau diacar.

Di balik aromanya yang khas, bawang bombay menyimpan variasi warna dan rasa yang berbeda. Nah, AGM Fresh Mart kali ini akan mengulas perbedaan bawang bombay merah, kuning, dan putih. Berikut ulasan selengkapnya!

1. Warna dan Kulit

Bawang Bombay Merah

Bawang Bombay Merah disebut juga bawang India. Bawang ini memiliki warna merah kecokelatan dengan kulit yang lebih tebal dan keras. Untuk bawang Bombay kuning umum digunakan di Indonesia. Bawang ini berwarna kuning keemasan dengan kulit yang lebih tipis dan halus. Sedangkan bawang Bombay putih dikenal juga dengan sebutan sweet onion. Perbedaannya dengan bawang bombay kuning adalah warnanya. Bawang bombay ini memiliki warna yang cenderung lebih cerah dengan aroma yang lebih kuat dan bentuk lebih bundar. Bawang ini memiliki rasa manis dan segar.

2. Rasa dan Aroma

Bawang Bombay merah memiliki rasa lebih pedas dan aroma lebih kuat dibandingkan bawang bombay lainnya. Untuk bawang Bombay kuning rasanya manis dan aromanya lebih lembut. Sedangkan bawang Bombay putih punya rasa paling ringan dengan aroma yang sedikit manis.

Artikel Sebelumnya: Harga Bawang Bombay di Surabaya

3. Tekstur dan Kandungan

Bawang Bombay Kuning

Dari sedi tekstur, bawang Bombay merah lebih keras dan mengandung lebih banyak sulfur, sehingga lebih tahan lama. Untuk bawang Bombay kuning bertekstur lebih lunak dan mengandung lebih banyak gula dan karbohidrat. Sedangkan bawang Bombay putih paling lunak dan mengandung lebih banyak air.

4. Penggunaan dalam Masakan

Bawang Bombay Putih

Untuk penggunaan dalam masakan, anda bisa menggunakan bawang Bombay merah pada hidangan yang dimasak dalam waktu lama seperti sup dan rebusan. Jika anda memasak hidangan yang ditumis, dipanggang, dan dibakar, disarankan menggunakan bawang Bombay kuning. Untuk hidangan mentah seperti salad dan saus, bawang Bombay putih dalam jenis yang paling cocok.

5. Nutrisi

Ketiga jenis bawang bombay memiliki kandungan vitamin dan mineral yang serupa, namun dengan proporsi yang berbeda. Bawang bombay merah mengandung lebih banyak antioksidan, sedangkan bawang bombay kuning mengandung lebih banyak vitamin C.

Kesimpulan

Bawang bombay merah, kuning, dan putih memiliki perbedaan dalam warna, rasa, tekstur, dan penggunaannya. Pilihlah jenis bawang bombay yang sesuai dengan kebutuhan dan selera. Gunakan bawang bombay merah untuk hidangan yang membutuhkan rasa pedas dan aroma yang kuat. Untuk hidangan yang membutuhkan rasa manis dan tekstur yang lembut, gunakan bawang Bombay kuning. Sedangkan bawang bombay putih paling cocok untuk hidangan mentah dan saus.

Jika anda mencari kebutuhan bumbu dapur dan sayur berkualitas, kunjungi Shopee AGM Fresh Mart yang menjual berbagai macam bawang bombay, kebutuhan sayur maupun bumbu dapur. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel AGM Fresh Mart berikutnya!