Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

AGM Fresh Mart Sidoarjo adalah Distributor, Importir, Wholesaler, dan Retailer Sayuran Botanical dari Bawang Merah, Bawang Putih, dan Bawang Bombay di Sidoarjo

Bolehkah Tomat Disimpan di Kulkas?

Mengapa Tomat Tidak Boleh Disimpan di Kulkas?

www.agmfreshmart.com

AGM Fresh Mart (Distributor, Importir, Wholesaler, Agen, dan Retailer Bawang Surabaya) - Banyak orang yang menyimpan tomat di kulkas untuk menjaga kesegarannya. Tapi, tahukah anda bahwa menyimpan tomat di kulkas sebenarnya tidak dianjurkan? Setelah sebelumnya membahas Cara Menyimpan Tomat agar Awet dan Tidak Mudah Busuk, kali ini AGM Fresh Mart (Agen, Distributor dan Importir Bawang dan Sayur Surabaya) akan membahas alasan tomat tidak dianjurkan disimpan di kulkas. Berikut ulasan selengkapnya!

Alasan Mengapa Tomat Tidak Boleh Disimpan di Kulkas

Tomat yang disimpan di kulkas akan kehilangan rasa dan teksturnya. Suhu dingin di kulkas akan memperlambat proses pematangan dan membuat tomat menjadi lembek dan berair. Selain itu, tomat yang disimpan di kulkas akan kehilangan kandungan vitamin C dan likopennya. Likopen adalah antioksidan yang bermanfaat untuk kesehatan mata dan jantung. Menyimpan tomat di kulkas juga akan membuat lebih cepat busuk karena kondisinya yang lembab.

Cara Menyimpan Tomat yang Benar

Ada beberapa cara menyimpan tomat yang benar, seperti:
  • Simpan tomat pada suhu ruangan: Suhu ideal untuk menyimpan tomat adalah 20-25 derajat Celcius.
  • Jauhkan dari sinar matahari langsung: Sinar matahari langsung dapat membuat tomat matang terlalu cepat dan mudah busuk.
  • Simpan tomat dalam wadah yang berventilasi baik: Wadah yang berventilasi baik akan membantu menjaga sirkulasi udara dan mencegah tomat busuk.
  • Jangan menumpuk tomat: Menumpuk tomat akan menyebabkan memar dan mempercepat pembusukan.
  • Cuci tomat sebelum digunakan: Cuci tomat dengan air mengalir untuk menghilangkan kotoran dan pestisida.

Tips Menyimpan Tomat
Jika membeli tomat dalam jumlah banyak, anda bisa menyimpan tomat yang belum matang di kulkas selama 1-2 minggu. Setelah tomat matang, keluarkan dari kulkas dan simpan pada suhu ruangan.
 
Anda juga bisa membekukan tomat untuk memperpanjang kesegarannya. Cuci tomat dan potong menjadi dua atau empat bagian. Buang bijinya dan bekukan tomat dalam wadah kedap udara. Tomat beku dapat bertahan selama 6-8 bulan.

Kesimpulan

Tomat sebaiknya tidak disimpan di kulkas karena dapat mengubah rasa, tekstur, dan kandungan nutrisinya. Simpan tomat pada suhu ruangan dalam wadah yang berventilasi baik untuk menjaga kesegarannya.

Jika anda mencari kebutuhan bumbu dapur dan sayur berkualitas, kunjungi Shopee AGM Fresh Mart yang menjual berbagai kebutuhan sayur maupun bumbu dapur. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel AGM Fresh Mart berikutnya!

Posting Komentar untuk "Bolehkah Tomat Disimpan di Kulkas?"