Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

AGM Fresh Mart Sidoarjo adalah Distributor, Importir, Wholesaler, dan Retailer Sayuran Botanical dari Bawang Merah, Bawang Putih, dan Bawang Bombay di Sidoarjo

Cara Menyimpan Tomat agar Awet dan Tidak Mudah Busuk

Bagaimana Cara Menyimpan Tomat agar Awet dan Tidak Mudah Busuk?


Cara Menyimpan Tomat agar Awet dan Tidak Mudah Busuk

AGM Fresh Mart (Agen, Distributor dan Importir Bawang dan Sayur Surabaya) - Tomat adalah buah yang lezat dan serbaguna yang dapat digunakan dalam berbagai hidangan. Namun, tomat juga mudah busuk, terutama jika tidak disimpan dengan benar. Berikut adalah beberapa tips untuk menyimpan tomat agar awet dan tidak mudah busuk.

1. Pilih Tomat yang Matang Sempurna

Pilih tomat yang berwarna merah cerah dan terasa padat saat ditekan. Hindari tomat yang masih hijau, lembek, atau memiliki bintik-bintik coklat.

2. Cuci Tomat dengan Benar

Cuci tomat dengan air mengalir untuk menghilangkan kotoran dan pestisida. Pastikan untuk mengeringkan tomat secara menyeluruh dengan handuk kertas sebelum disimpan.

3. Simpan Tomat pada Suhu Ruangan

Tomat paling baik disimpan pada suhu ruangan antara 20-25 derajat Celcius. Jauhkan tomat dari sinar matahari langsung dan sumber panas.

4. Jangan Simpan Tomat di Kulkas

Menyimpan tomat di kulkas akan mengubah teksturnya menjadi lembek dan memicu rasa pahit.

5. Simpan Tomat dalam Satu Lapisan

Simpan tomat dalam satu lapisan di atas piring atau wadah yang berventilasi baik. Hindari menumpuk tomat karena dapat menyebabkan memar dan mempercepat pembusukan.


6. Pisahkan Tomat dari Buah dan Sayuran Lain

Tomat mengeluarkan gas etilen yang dapat menyebabkan buah dan sayuran lain matang lebih cepat dan mudah busuk. Simpan tomat terpisah dari buah dan sayuran lain, seperti pisang, apel, dan kentang.

7. Gunakan Tomat yang Matang Segera

Tomat yang matang sempurna akan bertahan selama 2-3 hari pada suhu ruangan. Gunakan tomat yang matang segera untuk mendapatkan rasa dan tekstur terbaik.

8. Simpan Tomat yang Belum Matang di Kulkas

Tomat yang belum matang dapat disimpan di kulkas selama 1-2 minggu. Setelah tomat matang, keluarkan dari kulkas dan simpan pada suhu ruangan.

9. Bekukan Tomat

Tomat yang dibekukan dapat bertahan selama 6-8 bulan. Cuci tomat dan potong menjadi dua atau empat bagian. Buang bijinya dan bekukan tomat dalam wadah kedap udara. Tomat beku dapat digunakan untuk membuat saus, sup, dan hidangan lainnya.

10. Buat Saus Tomat

Saus tomat adalah cara yang bagus untuk mengawetkan tomat. Cuci tomat dan potong menjadi dua atau empat bagian. Buang bijinya dan masak tomat dengan api kecil hingga lunak. Haluskan tomat dan simpan saus tomat dalam wadah kedap udara di kulkas selama 1-2 minggu atau di freezer selama 6-8 bulan.

Kesimpulan

Nah, itulah beberapa cara menyimpan tomat agar awet dan tidak mudah busuk. Pilih tomat yang matang sempurna, cuci tomat dengan benar dan simpan tomat pada suhu ruangan. Dengan mengikuti tips di atas, anda dapat menyimpan tomat agar awet dan tidak mudah busuk.

Jika anda mencari kebutuhan bumbu dapur dan sayur berkualitas, kunjungi Shopee AGM Fresh Mart yang menjual berbagai kebutuhan sayur maupun bumbu dapur. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel AGM Fresh Mart berikutnya!

Posting Komentar untuk "Cara Menyimpan Tomat agar Awet dan Tidak Mudah Busuk"