Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

AGM Fresh Mart Sidoarjo adalah Distributor, Importir, Wholesaler, dan Retailer Sayuran Botanical dari Bawang Merah, Bawang Putih, dan Bawang Bombay di Sidoarjo

Tips Menyimpan Cabai Rawit Saat Musim Hujan

Cara Jitu Menyimpan Cabai Rawit Saat Musim Hujan


Tips Menyimpan Cabai Rawit Saat Musim Hujan

Musim hujan memang membawa berkah, namun bagi pecinta cabai rawit, musim ini bisa menjadi momok. Pasalnya, cabai rawit mudah busuk dan harganya melambung tinggi. Tapi jangan khawatir, berikut tips jitu menyimpan cabai rawit agar tetap segar dan awet di musim hujan dari AGM Fresh Mart selengkapnya!

Pilih Cabai Berkualitas dan Pisahkan Cabai yang Rusak

Pilih cabai rawit yang berwarna merah cerah, segar, dan tidak lembek. Hindari cabai yang memiliki bintik hitam atau tanda-tanda busuk. Pastikan cabai rawit kering dan tidak ada air yang menempel. Selain itu, periksa cabai rawit secara berkala dan pisahkan cabai yang mulai rusak.
Cabai yang rusak dapat menular ke cabai lainnya dan menyebabkan seluruhnya busuk.

Simpan dengan Cara yang Tepat

Simpan cabai rawit di tempat yang kering dan sejuk, seperti rak dapur atau lemari. Hindari menyimpan cabai di tempat yang lembab atau terkena sinar matahari langsung. Anda juga bisa menyimpan cabai rawit dalam wadah kedap udara, seperti toples kaca atau plastik. Hal ini akan menjaga kesegaran cabai dan mencegahnya mengering.

Jika ingin disimpan lebih lama, cabai rawit bisa disimpan di kulkas. Pastikan cabai rawit kering sebelum disimpan di kulkas. Simpan cabai rawit dalam wadah kedap udara di dalam kulkas.


Membekukan Cabai Rawit

Langkah pertama adalah dengan mencuci cabai rawit dan tiriskan hingga kering. Potong cabai rawit sesuai selera. Simpan cabai rawit dalam wadah kedap udara dan bekukan. Cabai rawit beku dapat bertahan hingga beberapa bulan.

Tips Tambahan Menyimpan Cabai Rawit
  • Jangan Mencuci Cabai Sebelum Disimpan
  • Mencuci cabai rawit sebelum disimpan akan membuatnya mudah lembab dan busuk.
  • Cuci cabai rawit hanya saat akan digunakan.
  • Masukkan kapur sirih ke dalam wadah penyimpanan cabai rawit.
  • Kapur sirih dapat membantu menyerap air dan menjaga cabai rawit tetap segar.
  • Simpan Cabai Rawit di Tempat Terpisah:
  • Simpan cabai rawit di tempat yang terpisah dari bahan makanan lainnya.
  • Aroma cabai rawit yang kuat dapat memengaruhi rasa bahan makanan lain.

Penutup

Dengan mengikuti tips-tips di atas, cabai rawit anda akan tetap segar dan awet meskipun di musim hujan. Anda juga bisa mennyimpan cabai rawit dengan cara mengolahnya menjadi saus. Buat saus cabai dari cabai rawit segar dan simpan dalam wadah kedap udara di kulkas. Saus cabai dapat bertahan selama beberapa minggu.

Jika anda mencari kebutuhan bumbu dapur dan sayur berkualitas, kunjungi Shopee AGM Fresh Mart yang menjual berbagai macam bawang putih, kebutuhan sayur maupun bumbu dapur. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel AGM Fresh Mart berikutnya!

Posting Komentar untuk "Tips Menyimpan Cabai Rawit Saat Musim Hujan"