Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

AGM Fresh Mart Sidoarjo adalah Distributor, Importir, Wholesaler, dan Retailer Sayuran Botanical dari Bawang Merah, Bawang Putih, dan Bawang Bombay di Sidoarjo

Berapa Lama Bawang Bombay Busuk?

Bawang Bombay: Faktor, Cara Mengetahui Bawang Bombay Busuk hingga Tips Menyimpannya


Agen Bawang Bombay Surabaya

Bawang bombay dapat digunakan untuk menambah rasa dan aroma pada berbagai masakan, seperti tumisan, sup, dan salad. Namun, banyak orang yang bertanya-tanya: Berapa lama bawang bombay bisa tahan lama? Jawabannya tergantung pada beberapa faktor, seperti kondisi penyimpanan, jenis bawang bombay, dan cara pengolahannya. Berikut ulasan AGM Fresh Mart selengkapnya!

Faktor yang Mempengaruhi Masa Simpan Bawang Bombay


Bawang bombay memiliki masa simpan yang berbeda-beda, tergantung pada beberapa faktor, seperti:

Kondisi penyimpanan:
  • Suhu: Bawang bombay tahan lama pada suhu dingin dan kering, seperti di dalam kulkas. Suhu ideal untuk menyimpan bawang bombay adalah 4°C - 10°C.
  • Kelembaban: Bawang bombay mudah busuk jika disimpan di tempat yang lembab. Pastikan tempat penyimpanannya memiliki ventilasi yang baik.
  • Cahaya: Bawang bombay tidak boleh disimpan di tempat yang terkena cahaya matahari langsung. Cahaya matahari dapat mempercepat proses pembusukan.

Jenis bawang bombay:
  • Bawang bombay merah lebih tahan lama dibandingkan bawang bombay putih dan bawang bombay bombay.
  • Bawang bombay utuh lebih tahan lama dibandingkan bawang bombay yang sudah dipotong.

Artikel Sebelumnya: Cara Membuat Acar Bawang Bombay

Lama Bawang Bombay Dapat Disimpan

Bawang bombay utuh bisa bertahan 2 - 3 bulan jika disimpan di kulkas

Berikut adalah perkiraan lama bawang bombay dapat disimpan. Jika anda menyimpannya di kulkas, bawang bombay utuh bisa bertahan 2 - 3 bulan. Sedangkan bawang bombay yang sudah dipotong bisa bertahan 1 - 2 minggu. Jika anda menyimpannya di suhu ruangan, bawang bombay utuh bisa bertahan 1 - 2 minggu. Sedangkan bawang bombay yang sudah dipotong bisa bertahan 3 - 5 hari.

Cara Mengetahui Bawang Bombay Sudah Busuk

Cara pertama adalah dari teksturnya, bawang bombay yang busuk akan terasa lembek dan berlendir. Cara kedua adalah dari warnanya, bawang bombay yang busuk akan berubah warna menjadi coklat atau hitam. Cara terakhir adalah dari baunya, bawang bombay yang busuk akan mengeluarkan bau busuk yang tidak sedap.

Tips Agar Bawang Bombay Tahan Lama
  • Simpan bawang bombay di tempat yang kering, sejuk, dan gelap.
  • Simpan bawang bombay di dalam wadah kedap udara.
  • Jangan menyimpan bawang bombay di dekat buah-buahan yang menghasilkan gas etilen, seperti apel dan pisang. Gas etilen dapat mempercepat proses pembusukan.
  • Cuci bawang bombay sebelum disimpan. Pastikan bawang bombay kering sebelum disimpan.

Penutup

Dengan memahami faktor-faktor yang mempengaruhi ketahanan bawang bombay dan cara menyimpannya dengan benar, anda dapat memperpanjang masa simpan bawang bombay dan membuatnya tetap segar.

Ingatlah untuk menyimpan bawang bombay di tempat yang kering, sejuk, dan gelap. Simpan bawang bombay di dalam wadah kedap udara. Jangan menyimpan bawang bombay di dekat buah-buahan yang menghasilkan gas etilen, seperti apel dan pisang karena gas etilen dapat mempercepat proses pembusukan.

Cuci bawang bombay sebelum disimpan. Pastikan bawang bombay kering sebelum disimpan. Dengan mengikuti tips-tips di atas, anda dapat menikmati bawang bombay segar dan tahan lama untuk hidangan. Jika anda mencari kebutuhan bumbu dapur dan sayur berkualitas, kunjungi Shopee AGM Fresh Mart yang menjual berbagai macam bawang bombay, kebutuhan sayur maupun bumbu dapur. Semoga artikel ini bermanfaat dan sampai jumpa di artikel AGM Fresh Mart berikutnya!